Donderdag 31 Oktober 2013

STRUKTUR KURIKULUM



BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Struktur Kurikulum
Merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran kedalam mauatan kurikulum setiap mata pelajaran pada setiap tahun pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.[1]
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pelayanan kedalam muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran dituangkan dalam kompetensi kompetensi yang dimaksud, terdiri atas standar Kompetensi, kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.[2]

B.       Struktur Kurikulum
                Hal-hal yang mengenai struktur kurikulum antara lain :
1.      GBPP (Garis-garis Besar Program Pengajaran)
GBPP ialah ikhtsar dari keseluruhan program pengajaran yang terdiri dari tujuan-tujuan kurikuler, tujuan instruksional dengan ruang lingkup bahan-bahan pengajaran yang disusun secara berurutan dan disusun menurut jangka waktu tertentu. GBPP ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman bagi para Pembina pendidikan, Kepala Madrasah dan Guru dalam rangka peningkatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan.
2.      Jam Pelajaran
Waktu pemberian pelajaran yang berlangsung 45 menit untuk sekolah-sekolah lanjutan, di SD kelas I dan II hanya 30 menit sedang pada kelas III sampai dengan kelasVI 40 menit.
3.      Semester
Semester merupakan satuan waktu pemberian pelajaran yang berlangsung selama 120 hari belajar efektif, yang biasanya digunakan di SD rata-rata 80 hari belajar efektif.
4.      Program Pendidikan Umum
Program pendidikan umum yang diberikan kepada semua siswa dan mencakup Pendidikan Moral Pancasila yang berfungsi bagi pembinaan warga negara yang baik. Jadi program umum wajib diikuti oleh siswa.
5.      Program Pendidikan Akademis
Yakni program pendidikan yang diperlukan sebagai dasar untuk melanjutkan studi ke tingkat pendidikn selanjutnya.
6.      Program Pendidikan Ketrampilan
Merupakan program pendidikan yang dapat dipilih siswa (ketrampilan bebas) dan ada juga yang bersifat terikat. Bagi SD program ketrampilan ini berfungsi untuk mengembangkan kesukaan dan penhargaan kepada pekerjaan tangan dan sebagai bekal untuk mempelajari ketrampilan yang lebih komplek.
7.      Program Pendidikan Kejuruan
Ialah program wajib diikuti siswa sesuai dengan jurusannya dan program ini terdiri atas Dasar Kejuruan, Teori Kejuruan dan Praktek Kejuruan. Menurut Kurikulum tahun 1984 yang mulai diberlakukan bagi SMA, struktur kurikulum mengalami perubahan yang cukup mendasar, yakni meliputi dua jenis program : program inti dan program pilihan.
C.      Contoh Struktur Kurikulu



STRUKTUR KURIKULUM MA AL-AZHAR
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
NO
KOMPONEN
ALOKASI WAKTU/JAM PELAJARAN
KLS. X/UMUM
KLS. XI/IPS
KLS. XII/IPS
SMT I
SMT II
SMT I
SMT II
SMT I
SMT II
1
Pendidikan Agama







a. Al Qur'an Hadits
2
2
2
2
2
2

     1). Ilmu Hadits


1
1



     2). Tafsir
1
1
1
1
1
1

b. Aqidah Akhlaq
2
2
2
2
1
1

c. Fiqih
2
2
2
2
3
3

    1). Ushul Fiqih
1
1
1
1



d. SKI




2
2

e. Aswaja
2
2
2
2
2
2
2
PKn
2
2
2
2
2
2
3
Bhs Indonesia
4
4
4
4
4
4
4
Bahasa Arab
2
2
2
2
2
2

a. Nahwu Shorof
2
2
2
2
2
2
5
Bahasa Inggris
4
4
4
4
4
4
6
Matematika
4
4
4
4
4
4
7
Pendidikan Seni
2
2
2
2
2
2
8
Penjaskes
2
2
2
2
2
2
9
IPS







a. Sejarah Nasum
1
1
2
2
2
2

b. Geografi
1
1
2
2
2
2

c. Ekonomi/Akuntansi
2
2
4
4
4
4

d. Sosiologi
2
2
2
2
2
2
10
IPA







a. Fisika
2
2





b. Kimia
2
2





c. Biologi
2
2




11
TIK
2
2
2
2
2
2
12
Ketrampilan/Bhs. Asing
2
2
2
2
2
2
13
Pengembangan Diri/BK
1
1
1
1
1
1
14
Muatan Lokal







a. Balaghoh
1
1
1
1
1
1

JUMLAH
50
50
49
49
49
49
BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
Demikian penjelasan tentang struktur kurikulum, jadi dalam struktur kurikulum, setiap program memperoleh alokasi waktu tertentu  yakni berapa jumlah jam pelajaran perminggu untuk setiap kelas dan berapa jam pelajaraan perminggu untuk bidang studi bagi kelas-kelas tersebut.
B.     Saran
Penulis menyerahkan untuk tidak menggunakan makalah ini sebagai acuan yang mutlak karena ini jauh dari kesempurnaan oleh karena itu penulis menyerahkan kepada semua pembaca makalah ini untuk mencari sumber-sumber lain untuk menyempurnakan makalah ini.
















[1] Muhaimin, dkk. 2008. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah dan Madrasah.Jakarta:PT. Raja Rosda
[2] Firmansah, Farid. 2007Implementasi Kurikulum tingkat satuan pendidikan” Struktur dan kendalanya.. Jakarta: Tadris

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking