BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Struktur Kurikulum
Merupakan pola dan susunan mata
pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
kedalam mauatan kurikulum setiap mata pelajaran pada setiap tahun pendidikan
dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan
beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.[1]
Struktur kurikulum merupakan pola
dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam
kegiatan pelayanan kedalam muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran
dituangkan dalam kompetensi kompetensi yang dimaksud, terdiri atas standar
Kompetensi, kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan
standar kompetensi lulusan yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan
beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum.[2]
B. Struktur Kurikulum
Hal-hal
yang mengenai struktur kurikulum antara lain :
1. GBPP (Garis-garis Besar Program Pengajaran)
GBPP ialah ikhtsar dari
keseluruhan program pengajaran yang terdiri dari tujuan-tujuan kurikuler,
tujuan instruksional dengan ruang lingkup bahan-bahan pengajaran yang disusun
secara berurutan dan disusun menurut jangka waktu tertentu. GBPP ini
dimaksudkan untuk memberikan pedoman bagi para Pembina pendidikan, Kepala
Madrasah dan Guru dalam rangka peningkatan belajar mengajar untuk mencapai
tujuan pendidikan.
2. Jam Pelajaran
Waktu pemberian pelajaran yang
berlangsung 45 menit untuk sekolah-sekolah lanjutan, di SD kelas I dan II hanya
30 menit sedang pada kelas III sampai dengan kelasVI 40 menit.
3. Semester
Semester merupakan satuan waktu
pemberian pelajaran yang berlangsung selama 120 hari belajar efektif, yang
biasanya digunakan di SD rata-rata 80 hari belajar efektif.
4. Program Pendidikan Umum
Program pendidikan umum yang
diberikan kepada semua siswa dan mencakup Pendidikan Moral Pancasila yang
berfungsi bagi pembinaan warga negara yang baik. Jadi program umum wajib
diikuti oleh siswa.
5. Program Pendidikan Akademis
Yakni program pendidikan yang
diperlukan sebagai dasar untuk melanjutkan studi ke tingkat pendidikn
selanjutnya.
6. Program Pendidikan Ketrampilan
Merupakan program pendidikan yang
dapat dipilih siswa (ketrampilan bebas) dan ada juga yang bersifat terikat.
Bagi SD program ketrampilan ini berfungsi untuk mengembangkan kesukaan dan
penhargaan kepada pekerjaan tangan dan sebagai bekal untuk mempelajari
ketrampilan yang lebih komplek.
7. Program Pendidikan Kejuruan
Ialah program wajib diikuti siswa
sesuai dengan jurusannya dan program ini terdiri atas Dasar Kejuruan, Teori
Kejuruan dan Praktek Kejuruan. Menurut Kurikulum tahun 1984 yang
mulai diberlakukan bagi SMA, struktur kurikulum mengalami perubahan yang cukup
mendasar, yakni meliputi dua jenis program : program inti dan program pilihan.
C. Contoh Struktur Kurikulu
STRUKTUR
KURIKULUM MA AL-AZHAR
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
NO
|
KOMPONEN
|
ALOKASI WAKTU/JAM PELAJARAN
|
|||||
KLS. X/UMUM
|
KLS. XI/IPS
|
KLS. XII/IPS
|
|||||
SMT I
|
SMT II
|
SMT I
|
SMT II
|
SMT I
|
SMT II
|
||
1
|
Pendidikan
Agama
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Al Qur'an Hadits
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
1). Ilmu Hadits
|
|
|
1
|
1
|
|
|
|
2). Tafsir
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
b.
Aqidah Akhlaq
|
2
|
2
|
2
|
2
|
1
|
1
|
|
c.
Fiqih
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
|
1). Ushul Fiqih
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
|
|
d.
SKI
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
e.
Aswaja
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
PKn
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bhs
Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
Bahasa
Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
a.
Nahwu Shorof
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
6
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7
|
Pendidikan
Seni
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
8
|
Penjaskes
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9
|
IPS
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Sejarah Nasum
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b.
Geografi
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
c.
Ekonomi/Akuntansi
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
|
d.
Sosiologi
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
10
|
IPA
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Fisika
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
b.
Kimia
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
c.
Biologi
|
2
|
2
|
|
|
|
|
11
|
TIK
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
12
|
Ketrampilan/Bhs.
Asing
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
13
|
Pengembangan
Diri/BK
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
14
|
Muatan
Lokal
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Balaghoh
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
|
JUMLAH
|
50
|
50
|
49
|
49
|
49
|
49
|
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Demikian penjelasan tentang struktur
kurikulum, jadi dalam struktur kurikulum, setiap program memperoleh alokasi
waktu tertentu yakni berapa jumlah jam
pelajaran perminggu untuk setiap kelas dan berapa jam pelajaraan perminggu
untuk bidang studi bagi kelas-kelas tersebut.
B. Saran
Penulis
menyerahkan untuk tidak menggunakan makalah ini sebagai acuan yang mutlak
karena ini jauh dari kesempurnaan oleh karena itu penulis menyerahkan kepada
semua pembaca makalah ini untuk mencari sumber-sumber lain untuk menyempurnakan
makalah ini.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking