Maandag 09 Junie 2014

HAKIKAT PENGELOLAAN KELAS


HAKIKAT, TUJUAN DAN LATAR BELAKANG PENGELOLAAN KELAS
A.    HAKIKAT PENGELOLAAN KELAS

Pengelolaan kelas merupakan gabungan dari dua kata yakni kata pengelolaan dan kata kelas. Dalam kamus bahasa inggris pengelolaan disebut management, berarti identik dengan manajemen. Pada umumnya pengelolaan adalah pengaturan, pengorganisasian, perencanaan, pengarahan, pengawasan, pengkoordinasian, dan penilaian.
Sedangkan kelas adalah sekelompok orang yang belajar bersama-sama. Menurut Ahmad (1995) mengatakan bahwa kelas adalah rombongan belajar atau ruangan kelas.
Adapun pengertian pengelolaan kelas dapat diartikan sebagai upaya merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkoordinasi dan mengontrol kelompok belajar yang dilakukan oleh pembelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
1.      Pengelolaan kelas adalah serangkai tindakan  pembelajar yang ditujukan untuk mendorong  munculnya tingkah laku  yang diharapkan dan menghilangkan tingkah laku yang tidak diharapkan, menciptakan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional yang positif, serta menciptakan dan memelihara organisasi kelas yang produktif dan efektif.
2.      Tujuan pengelolaan kelas adalah menciptakan dan memelihara kondisi kelas yang memungkinkan berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif.

B.     LATAR BELAKANG  PENGELOLAAN KELAS

            Pembelajaran sangat berperan dalam membantu pembelajaran di kelas. Pembelajaran dapat mewujudkan tujuan secara optimal. Didalam kelas pembelajar melaksanakan  dua kegiatan pokok yaitu membelajarkan dan mengelola kelas. Membelajarkan berarti menemukan preskripsi baru untuk membuar pebelajar dapat belajar. Artinya mengajar bukanlah memindahkan pengetahuan dari seorang pembelajar kepada orang yang belajar melainkan lebih kepada upaya menata lingkungan agar pebelajar termotivasi dalam menggali makna serta menghargai ketidakmenentuan atau  upaya membuat pebelajar bisa dan mau belajar.
            Mengajar adalah aktivitas yang mulia karena ia memberikan kemanfaatan kepada orang lainsedang dirinya sendiri mendapatkan kemanfaatan yaitu bertambah ilmunya sekaligus ia menjadi sosok yang juga mulia.
Dengan ungkapan lain, aktivitas mengajar adalah menyiapkan kondisi pembelajaran dan memilah sekaligus memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal si belajar, mencari dan membuat preskripsi baru yang sesuai dengan diri pebelajar dan materi bahan ajar. (Reigeluth, 2009)

            Jadi pengelolaan kelas tidak hanya pengaturan kelas , fasilitas fisik dan rutinitas, melainkan juga mengelola berbagai hal yang tercakup dalam komponen pembelajaran pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas yang kondusif. Sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Efektif berarti tercapainya tujuan sesuai dengan perencanaan yang dibuat secara tepat. Efisien adalah pencapaian tujuan pembelajaransebagaimana yang direncanakan dengan lebih cepat.
            Setiap pembelajar harus senantiasa mengembangkan potensi diri baik pada aspek sumbstansi materi yang diajarkan maupun pada aspek penunjang keberhasilan sepert pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas diperlukan karena dari waktu ke waktu tingkah laku dan perbuatan pebelajar selalu berubah. Hari ini pebelajar dapat belajar dengan baik dan tenang namun hari berikutnya belum tentu si pebelajar dapat belajar dengan baik dan tenang sebagaimana sebelumnya.

C.     TUJUAN PENGELOLAAN KELAS
            Adapun tujuan pengelolaan kelas antara lain;
1.      Mewujudkan situasi dan kondisi kelas semaksimal mungkin
2.      Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar.
3.      Menyediakan dan mengatur fasilitas yang mendukung lingkungan kelas.
4.      Membina dan membimbing sesuai dengn latar belakang sosial, ekonomi, budaya dan sifat individulnya.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking