Maandag 09 Junie 2014

Kelebihan dan Kekurangan Jenis Formasi Tempat Duduk


A.      Kelebihan Dan Kekurangan Masing-Masing Jenis Formasi
1.         Tempat duduk siswa berpola baris/deret
        Kelebihan: Siswa mampu di jangkau oleh pandangan guru, kelas tampak lebih teratur dam rapi, dan guru dapat mengawasi dari depan. Kekurangan: Guru biasanya kurang memperhatikan siswa yang ada di belakang. Siawa yang tempat duduknya dibelakang biasanya tidak dapat menerima pelajaran secara maksimal.
2.         Tempat duduk siswa berkelompok
    Kelebihan: Siswa dapat mendiskusikan masalah belajarnya dengan siswa satu kelompoknya dan dapat memaksimalkan kegiatan belajarnya dengan baik. Kekurangan: Kondisi kelas biasanya ramai dan materi yang disampaikan tidak dapat disampaikan secara maksimal dalam kondisi kelas yang demikian.
3.         Tempat duduk siswa berbentuk Tapal kuda/setengah lingkaran
      Kelebihan: guru dapat menjangkau seluruh peserta didik sehingga pembelajaran dapat maksimal.   Kekurangan : kondisi ini digunakan untuk kelas yang jumlah siswanya tidak terlalu banyak.
       4.         Tempat duduk berbentuk Lingkaran dan persegi 
     Kelebihan: Sistem ini dapat menyelesaikan permasalahan kelompok secara bersama dengan peserta didik yang jumlahnya banyak, dapat menjadikan mudah permasalahan yang dianggap berat/ sulit.  Kekurangan: Pembelajaran kurang efektif dalam penerimaan dan pemberian tugas, karena siswa sekolah dasar umumnya lebih suka bermain.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking