Saterdag 17 Mei 2014

KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR


KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR I DAN II
 Terdapat 8 ketrampilan dasar mengajar yaitu :
1.      Ketrampilan bertanya
2.      Ketramilan memberi penguatan
3.      Ketrampilan memberi variasi
4.      Ketrampilan menjelaskan
5.      Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran
6.      Ketrampilan memimpin diskusi kelompok kecil
7.      Ketrampilan mengelolah kelas
8.      Ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan

v  Ketrampilan Bertanya
Secara detail, tujuan-tujuan dalam memberikan pertanyaan tersebut adalah :
1.      Membengkitkan minat dan rasa ingin tahu pebelajar terhadap suatu pokok bahasan.
2.      Memusatkan perhatian pebelajar terhadap suatu pokok bahasan atau konsep.
3.      Mendiagnosis kesulitan-kesulitan khusus yang menghambat pebelajar belajar.
4.      Mengembangkan cara belajar aktif.
5.      Memberikan kesempatan kepada pebelajar untuk mengasimilikasikan informasi.
6.      Mendorong pebelajar mengemukakanya dalam bidang diskusi.
7.      Menguji dan mengukur hasil belajar pebelajar
8.      Untuk mengetahui keberhasilan pembelajar dalam mengajar.
Adapun komponen-komponen dalam ketrampilan dasar ini yaitu :
1)      Mengungkapkan pertanyaan secara jelas
2)      Pemberian acuan
3)      Pemusatan
4)      Pemindahan giliran
5)      Penyebaran
6)      Pemberian waktu berfikir
7)      Pemberian tuntunan
Bebrapa alasan kenapa pembelajar perlu menguasai ketrampilan bertanya karena :
1.      Pembelajr cenderung mendominasi kelas dengan ceramah
2.      Pebelajar belum terbiasa mengajukan pertanyaan
3.      Pebelajar harus dilibatkan secara mental-intelektual secara maksimal
4.      Adanya anggapan bahwa pertanyaan hanya berfungsi untuk menguji pemahaman pebelajar.
Dalam menerapkan ketrampilan bertanya dasar dan lanjut, pembelajar perlu meperhatikan prinsip-prinsip berikut :
1)      Kehangatan dan keantusiasan
2)      Menghindari kebiasaan mengulang pertanyaan sendiri, menjawab pertanyaan sendiri, mengajukan pertanyaan yang mengandung jawaban serempak, mengulangi jawaban pebelajar, mengajukan pertanyaan ganda, dan menunjuk pebelajar sebelum mengajukan pertanyaan
3)      Waktu berfikir yang diberikan untuk pertanyaan tingkat lanjut lebih banyak dari yang diberikan untuk pertanyaan tingkat dasar.
4)      Susun pertanyaan pokok dan nilai pertanyaan tersebut sesudah selesai mengajar.

A.    Ketrampilan memberi penguatan

Komponen-komponen dalam ketrampilan memberi penguatan adalah :
1.      Penguatan verbal adalah hebat, luar biasa, bagus, dan lain-lain.
2.      Penguatan non verbal adalah bisa berbentuk mimik, atau gerakan badan, dan lain-lain.

Dalam memberikan penguatan harus diperhatikan prinsip-prinsip berikut :
1.      Kehangatan dan keantusiasan
2.      Kebermaknaan
3.      Hindari respons negatif
4.      Pengeuatan harus bervariasi
5.      Sasaran penguatan harus jelas
6.      Penguatan harus diberikan segera setelah perilaku yang diharapkan mucul.

B.     Ketrampilan mengadakan variasi
 Variasi dalam menggunakan alat dan media pembelajaran dan variasi dalam pola interaksi dalam kelas memiliki komponen sebagai berikut :
1.      Variasi dalam gaya mengajar
a.       Menggunakan variasi suara
b.      Memusatkan perhatian
c.       Kesenyapan
d.      Mengadakan kontak pandang
e.       Gerakan badan dan mimik
f.       Mengamati posisi pembelajar dalam kelas.
2.      Menggunakan media dan bahan pelajaran
a.       Variasi alat atau bahan yang dapat dilihat
b.      Variasi alat yang dapat didengar
c.       Variasi alat yang dapat diraba dan dimanipulasi.
3.      Variasi pila interaksi dan kegiatan pebelajar
C.    Ketrampilan menjelaskan

Komponen ketrampilan menjelaskan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :
1.      Merencanakan materi penjelasan
a.       Menganalisis masalah
b.      Menentukan hubungan
c.       Menggunakan hukum, rumus, dan generalisasi yang sesuai.
2.      Menyajikan penjelasan
a.       Kejelasan
b.      Menggunakan contoh dan ilustrasi yang bisa dilakukan dengan pola induktif atau deduktif
c.       Memberikan tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar dan membuat struktur sajian
d.      Balikan, yang bertujuan mendapat informasi.

D.    Ketrampilan membuka dan menutup pelajaran
1.      Ketrampilan membuka pelajaran

Secara khusus membuka pelajaran adalah untuk :
a.       Mempersiapkan mental pebelajar agar siap memasuki persoalan yang akan dipelajari atau dibahas dalam proses pembelajaran
b.      Menarik minat dan perhatian pebelajar,
c.       Menumbuhkan motivai belajar
d.      Memberikan acuan rambu-rambu atau tentang pembelajaran yang yang akan dilakukan
e.       Membuatan kaitan atau hubungan antara pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki pebelajar dengan materi atau pengalaman pelajaran yang akan diberikan kepada pebelajar
f.       Membuka pelajaran juga dapat digunakan untuk mengetahui entering behavior atau tingkat kesiapan dan penguasaan terhadap materi yang akan diajarkan
2.      Menutup pelajaran

Untuk menutup pelajaran dapat dilakukan dengan cara :
1.      Menyimpulkan atau membuat garis-garis besar materi pokok pelajaran yang telah dibahas, sehingga pebelajar memperoleh gambaran yang menyeluruh dan jelas tentang pokok-pokok materi pelajaran
2.      Mengkosolidasikan perhatian pebelajar terhadap hal-hal yang pokokagar informasi yang telah diterimah dapat membangkitkan minat untuk mempelajari lebih lanjut.
3.      Mengorganisasikan kegiatan yang telah dilakukan untuk membentuk pemahaman baru tentang materi yang telah dipelajarai.
4.      Memberikan pos test baik secara lisan, tulisan maupun berbentuk perbuatan.
5.      Memberikan tindak lanjut serta saran-saran untuk memperluas dengan materi pelajaran yang telah dibahas serta pemberian tugas-tugas yang harus dikerjakan baik secara individu maupun kelompok untuk menguasai materi pelajaran.
Disamping itu juga pembelajar harus memperthatikan prinsip-prinsip membuka dan menutup pembelajaran, diantarannya :
a.       Hubungan antar pendahuluan dengan inti pelajaran serta dengan tugs-tugas yang akan dikerjakan sebagai tindak lanjut nampak jelas dan logis.
b.      Menggunakan apersepsi
c.       Dalam membuka pelajaran harus memberi makna kepada peserta didik .

E.     Ketrampilan memimpin diskusi elompok kecil
Komponen ketrampilan yaitu :
1.      Memusatkan perhatian
2.      Memperjelas masalah atau urutan pendapat
3.      Menganalisis pendangan pebelajar
4.      Meningkatkan urunan pebelajar
5.      Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
6.      Menutup diskusi

F.     Ketrampilan pengelola pembelajaran

1.      Ketrampilan yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang optimal.
2.      Ketrampilan yang berhubungan dengan pengembalian kindisi belajar yang optimal.
a.       Mendifikasikan tingkah laku
b.      Pengelolaan kelas
c.       Menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.

G.    Ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
 Komponen ketrampilan :
1.      Ketrampilan untuk mengadakan pendekatan secara pribadi
2.      Ketrampilan mengorganisasikan
3.      Ketrampilan membimbang dan memudahkan belajar pebelajar
4.      Ketrampilan merencanakan dan melaksanakan kegitan belajar mengajar.





Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking