KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR I DAN II
Terdapat 8 ketrampilan dasar mengajar yaitu :
1.
Ketrampilan
bertanya
2.
Ketramilan
memberi penguatan
3.
Ketrampilan
memberi variasi
4.
Ketrampilan
menjelaskan
5.
Ketrampilan
membuka dan menutup pelajaran
6.
Ketrampilan
memimpin diskusi kelompok kecil
7.
Ketrampilan
mengelolah kelas
8.
Ketrampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
v Ketrampilan Bertanya
Secara detail, tujuan-tujuan dalam
memberikan pertanyaan tersebut adalah :
1.
Membengkitkan
minat dan rasa ingin tahu pebelajar terhadap suatu pokok bahasan.
2.
Memusatkan
perhatian pebelajar terhadap suatu pokok bahasan atau konsep.
3.
Mendiagnosis
kesulitan-kesulitan khusus yang menghambat pebelajar belajar.
4.
Mengembangkan
cara belajar aktif.
5.
Memberikan
kesempatan kepada pebelajar untuk mengasimilikasikan informasi.
6.
Mendorong
pebelajar mengemukakanya dalam bidang diskusi.
7.
Menguji dan
mengukur hasil belajar pebelajar
8.
Untuk
mengetahui keberhasilan pembelajar dalam mengajar.
Adapun
komponen-komponen dalam ketrampilan dasar ini yaitu :
1)
Mengungkapkan
pertanyaan secara jelas
2)
Pemberian acuan
3)
Pemusatan
4)
Pemindahan
giliran
5)
Penyebaran
6)
Pemberian waktu
berfikir
7)
Pemberian
tuntunan
Bebrapa alasan
kenapa pembelajar perlu menguasai ketrampilan bertanya karena :
1.
Pembelajr
cenderung mendominasi kelas dengan ceramah
2.
Pebelajar belum
terbiasa mengajukan pertanyaan
3.
Pebelajar harus
dilibatkan secara mental-intelektual secara maksimal
4.
Adanya anggapan
bahwa pertanyaan hanya berfungsi untuk menguji pemahaman pebelajar.
Dalam
menerapkan ketrampilan bertanya dasar dan lanjut, pembelajar perlu meperhatikan
prinsip-prinsip berikut :
1)
Kehangatan dan keantusiasan
2)
Menghindari
kebiasaan mengulang pertanyaan sendiri, menjawab pertanyaan sendiri, mengajukan
pertanyaan yang mengandung jawaban serempak, mengulangi jawaban pebelajar,
mengajukan pertanyaan ganda, dan menunjuk pebelajar sebelum mengajukan pertanyaan
3)
Waktu berfikir
yang diberikan untuk pertanyaan tingkat lanjut lebih banyak dari yang diberikan
untuk pertanyaan tingkat dasar.
4)
Susun
pertanyaan pokok dan nilai pertanyaan tersebut sesudah selesai mengajar.
A.
Ketrampilan
memberi penguatan
Komponen-komponen dalam ketrampilan memberi penguatan adalah :
1.
Penguatan
verbal adalah hebat, luar biasa, bagus, dan lain-lain.
2.
Penguatan non
verbal adalah bisa berbentuk mimik, atau gerakan badan, dan lain-lain.
Dalam
memberikan penguatan harus diperhatikan prinsip-prinsip berikut :
1.
Kehangatan dan
keantusiasan
2.
Kebermaknaan
3.
Hindari respons
negatif
4.
Pengeuatan harus
bervariasi
5.
Sasaran
penguatan harus jelas
6.
Penguatan harus
diberikan segera setelah perilaku yang diharapkan mucul.
B.
Ketrampilan
mengadakan variasi
Variasi dalam menggunakan alat dan
media pembelajaran dan variasi dalam pola interaksi dalam kelas memiliki
komponen sebagai berikut :
1.
Variasi dalam
gaya mengajar
a.
Menggunakan
variasi suara
b.
Memusatkan
perhatian
c.
Kesenyapan
d.
Mengadakan
kontak pandang
e.
Gerakan badan
dan mimik
f.
Mengamati
posisi pembelajar dalam kelas.
2.
Menggunakan
media dan bahan pelajaran
a.
Variasi alat
atau bahan yang dapat dilihat
b.
Variasi alat
yang dapat didengar
c.
Variasi alat
yang dapat diraba dan dimanipulasi.
3.
Variasi pila
interaksi dan kegiatan pebelajar
C.
Ketrampilan
menjelaskan
Komponen ketrampilan menjelaskan
dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :
1.
Merencanakan
materi penjelasan
a.
Menganalisis
masalah
b.
Menentukan
hubungan
c.
Menggunakan hukum,
rumus, dan generalisasi yang sesuai.
2.
Menyajikan
penjelasan
a.
Kejelasan
b.
Menggunakan
contoh dan ilustrasi yang bisa dilakukan dengan pola induktif atau deduktif
c.
Memberikan
tekanan yang dapat dilakukan dengan berbagai variasi gaya mengajar dan membuat
struktur sajian
d.
Balikan, yang
bertujuan mendapat informasi.
D.
Ketrampilan
membuka dan menutup pelajaran
1.
Ketrampilan
membuka pelajaran
Secara khusus membuka pelajaran adalah untuk :
a.
Mempersiapkan
mental pebelajar agar siap memasuki persoalan yang akan dipelajari atau dibahas
dalam proses pembelajaran
b.
Menarik minat
dan perhatian pebelajar,
c.
Menumbuhkan
motivai belajar
d.
Memberikan
acuan rambu-rambu atau tentang pembelajaran yang yang akan dilakukan
e.
Membuatan
kaitan atau hubungan antara pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki pebelajar
dengan materi atau pengalaman pelajaran yang akan diberikan kepada pebelajar
f.
Membuka
pelajaran juga dapat digunakan untuk mengetahui entering behavior atau tingkat
kesiapan dan penguasaan terhadap materi yang akan diajarkan
2.
Menutup
pelajaran
Untuk menutup pelajaran dapat dilakukan dengan cara :
1.
Menyimpulkan
atau membuat garis-garis besar materi pokok pelajaran yang telah dibahas,
sehingga pebelajar memperoleh gambaran yang menyeluruh dan jelas tentang
pokok-pokok materi pelajaran
2.
Mengkosolidasikan
perhatian pebelajar terhadap hal-hal yang pokokagar informasi yang telah diterimah
dapat membangkitkan minat untuk mempelajari lebih lanjut.
3.
Mengorganisasikan
kegiatan yang telah dilakukan untuk membentuk pemahaman baru tentang materi
yang telah dipelajarai.
4.
Memberikan pos
test baik secara lisan, tulisan maupun berbentuk perbuatan.
5.
Memberikan
tindak lanjut serta saran-saran untuk memperluas dengan materi pelajaran yang
telah dibahas serta pemberian tugas-tugas yang harus dikerjakan baik secara
individu maupun kelompok untuk menguasai materi pelajaran.
Disamping itu
juga pembelajar harus memperthatikan prinsip-prinsip membuka dan menutup
pembelajaran, diantarannya :
a.
Hubungan antar
pendahuluan dengan inti pelajaran serta dengan tugs-tugas yang akan dikerjakan
sebagai tindak lanjut nampak jelas dan logis.
b.
Menggunakan
apersepsi
c.
Dalam membuka
pelajaran harus memberi makna kepada peserta didik .
E.
Ketrampilan
memimpin diskusi elompok kecil
Komponen ketrampilan yaitu
:
1.
Memusatkan
perhatian
2.
Memperjelas
masalah atau urutan pendapat
3.
Menganalisis
pendangan pebelajar
4.
Meningkatkan
urunan pebelajar
5.
Menyebarkan
kesempatan berpartisipasi
6.
Menutup diskusi
F.
Ketrampilan
pengelola pembelajaran
1.
Ketrampilan
yang berhubungan dengan penciptaan dan pemeliharaan kondisi belajar yang
optimal.
2.
Ketrampilan
yang berhubungan dengan pengembalian kindisi belajar yang optimal.
a.
Mendifikasikan
tingkah laku
b.
Pengelolaan
kelas
c.
Menemukan dan
memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah.
G.
Ketrampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
Komponen
ketrampilan :
1.
Ketrampilan
untuk mengadakan pendekatan secara pribadi
2.
Ketrampilan
mengorganisasikan
3.
Ketrampilan
membimbang dan memudahkan belajar pebelajar
4.
Ketrampilan
merencanakan dan melaksanakan kegitan belajar mengajar.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking