Dinsdag 17 Desember 2013

10 Langkah Pembelajaran Dick and Carey

Tugas Mata Kuliah Desain dan Perencanaan Pembelajaran Semester V PAI
Nurin Nafi’ah
                                                                                                                                               N^N
LANGKAH I
IDENTIFIKASI TUJUAN UMUM PEMBELAJARAN
Dua  tujuan umum pembelajaran dalam mata pelajaran Fiqih kelas XI MA Semester Ganjil pada Materi Jinayah dan hikmahnya :
1.      Menjelaskan tentang pembunuhan dan hikmahnya
2.      Menjelaaskan tentang qishash dan hikmahnya

LANGKAH II
MELAKUKAN ANALISIS PEMBELAJARAN

            Berkaitan dengan pengembangan mata pelajaran Fiqih kelas XI MA Semester Ganjil pada Materi Jinayah dan hikmahnya , maka ranah belajar yang dirumuskan juga sesuai dengan kelima ranah Gagne, yakni : keterampilan intelektual,keterampilan psikomotor, informasi verbal, sikap dan pengolahan informasi.

ANALISIS PEMBELAJARAN BERDASARKAN TUJUAN
 




02
Qishash
 
01
Pembunuhan
 
                                        





                                                                                                                                                                   



TUJUAN UMUM 01
Menjelaskan Tentang Pembunuhan Dan Hikmahnya
 














TUJUAN UMUM 02
Menjelaskan Tentang Qishash dan Hikmahnya














LANGKAH III
ANALISIS PEBELAJAR DAN LINGKUNGAN

            Dalam langkah ini, seorang pengembang pembelajaran mengidentifikasi karakteristik umum pebelajar. Perancang akan melakukan melalui wawancara, observasi, dan pretest kemampuan awal. Karakteritik pebelajar dapat diamati melalui pengetahuan, usia, tingkat kelas, bakat, motivasi belajarnya dan sebagainya.
            Pembelajar melakukan dua kegiatan terhadap materi yang diembannya, yaitu :
1.      Menentukan pengelolaan materi dalam sub-sub materi
2.      menggambarkan peran intelektual pebelajar, artinya gagasan baru dalam materi pembelajaran dihubungkan dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya.
Jadi, guru berperan sebagai pengelola materi dan menyediakan informasi melalui ceramah, membaca, memberi tugas pada pebelajar, dan diskusi bersama pebelajar.

LANGKAH IV
MERUMUSKAN TUJUAN PERFORMANSI

Analisis pembelajaran berdasarkan  tujuan
Tabel 01
No
Tujuan Umum Pembelajaran
Domain Pembelajaran
1
Menjelaskan tentang pembunuhan dan hikmahnya
Intellectual skiil
2
Menjelaaskan tentang Qishash dan hikmahnya
Intellectual skiil

LANGKAH V
MENGEMBANGKAN INSTRUMEN PENILAIAN

Berdasarkan tujuan performansi yang telah ditulis, langkah selanjutnya adalah mengembangkan instrumen penilaian. Instrumen penilaian yang digunakan adalah tes acuan patokan, yaitu :
1. Entry Behavior Test
2. The Pretest
3. Practice and Rehearsal Test
4. Posttest
            Dalam pengembangan desain pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih maeri jinayah kelas XI MA ini, perancang akan menggunakan ke empat jenis/tipe tes sebagaimana dalam Dick & Carey (2011).
Pengembangan butir-butir tes pada mata pelajaran Fiqh materi jinayah kelas XI MA dapat dilihat sebagai berikut :

Tabel 02(Entry Behavior Test)
No
Sub Keterampilan
Ujuan Performansi
Butir Tes
01
Pembunuhan dan hikmahnya
Siswa dapat menjelaskan definisi pembunuhan dan hikmah pembunuhan.
Jelaskan definisi pembunuhan !

Bagaimana hikmah pembunuhan !
02
Qishash dan hikmahnya
Siswa dapat menjelaskan definisi dan hikmah qishash
Jelaskan definisi qishash !

Bagaimana hikmah qishash ?

Tabel 03(Pretest)
No
Sub Keterampilan
Tujuan Performansi
Butir Tes
01
Pembunuhan dan hikmahnya
Siswa dapat menjelaskan pengertian pembunuhan.
Siswa dapat menyebutkan macam-macam pembunuhan.
Siswa dapat menjelaskan hikmah pembunuhan.

Siswa dapat menjelaskan hukum pembunuhan.
Jelaskan pengertian pembunuhan !
Sebutkan macam-macam pembunuhan !
Jelaskan hikmah dilarangnya pembunuhan !
Jelaskan hukuman bagi pembunuh !
02
Qishash dan hikmahnya
Siswa dapat menjelaskan pengertian qishash.
Siswa dapat menyebutkan macam-macam qishash.
Siswa dapat menyebutkan syara-syarat qishash.
Siswa dapat menjelaskan hikmah adanya qishash.
Jelaskan pengertian qishash !
Sebutkan macam-macam qishash !
Sebutkan syarat-syarat qishash !
Bagaimana hikmah dari adanya qishash ?






Tabel 04 (Practice Test)
No
Sub Keterampilan
Tujuan Performansi
Butir Tes
01
Pembunuhan dan hikmahnya
Siswa dapat menjelaskan hukum pembunuhan yang disengaja.

Siswa dapat menjelaskan hukum pembunhan seperti disengaja
Jelaskan hukum pembunuhan yang disengaja !
Jelaskan hukum pembunuhan seperti sengaja !
02
Qishash dan hikmahnya
Siswa dapat menjelaskan syarat qishash yang terbunuh terpelihara darahnya.


Siswa dapat menjelaskan syarat qishash yang pembunuh sama derajar dengan yang terbunuh
Jelaskan syarat qishash yang erbunuh terpelihara darahnya !
Jelaskan syarat qishash yang pembunuh sama derajar dengan yang terbunuh !

Tabel 05 (Post Test)
No
Sub Keterampilan
Tujuan performansi
Butir Tes
01


1.1


1.2


1.2.1


1.2.2


1.2.3


1.3

1.4


1.4.1


1.4.2



1.4.3
Pembunuhan dan hikmahnya

Definisi pembunuhan

Macam-macam pembunuhan

Pengertian Pembunuhan dengan sengaja
Pembunuhan tidak sengaja

Pembunuhan seperti sengaja

Hikmah pembunuhan
Hukuman bagi pelaku pembunuhan

Hukuman bagi pelaku pembunuhan dengan sengaja
Hukuman bagi pelaku pembunuhan tidak sengaja

Hukuman bagi pelaku pembunuhan seperti sengaja
Siswa dapat menjelaskan tentang pembunuhan dan hikmahnya

Siswa dapar menjelaskan pengertian pembunuhan

Siswa dapat menyebutkan macam-macam pembunuhan.

Siswa dapat menjelaskan pengertian pembunuhan dengan sengaja

Siswa dapat menjelaskan pengertian pembnuhan tidk sengaja

Siswa dapat menjelaskan pengertian pembunuhan seperti sengaja

Siswa dapat memahami hikmah pembunuhan
Siswa dapat menjelaskan hukuman bagi pelaku pembunuhan

Siswa dapat menjelaskan hukuman bagi pelaku pembunuhan dengan sengaja
Siswa dapat menjelaskan hukuman bagi pelaku pembunuhan tidak sengaja


Siswa dapat menjelaskan hukuman bagi pelaku pembunuhan seprti sengaja
Jelaskan tentang pembunuhan dan hikmahnya !
Jelaskan pengertian pembunuhan !

Sebutkan macam-macam pembunuhan !
Apa pengertian pembunuhan dengan sengaja ?
Apa pengertian pembunuhan tidak sengaja ?
Apa pengertian pembunuhan seperti sengaja ?
Apa hikmah pembunuhan
Jelaskan hukuman bagi pelaku pembunuhan
Jelaskan hukuman pelaku pembunuhan dengan sengaja
Jelaskan hukuman bagi pelaku pembunuhan tidak sengaja
Jelaskan hukuman bagi pelaku pembunuhan seprti sengaja
02


2.1


2.2

2.2.1



2.2.2

2.3

2.4
Qishash dan hikmahnya

Definisi qishash


Macam-macam qishash
Qishash yang terbunuh terpelihara darahnya

Qishash anggota badan
Syarat qishash

Hikmah qishash
Siswa dapat menjelaskan tentang qishash dan hikmahnya

Siswa dapat menjelaskan definisi qishash dan hikmah qishash

Siswa dapat menyebutkam macam-macam qishash
Siswa dapat menjelaskan qishash yang terbunuh terpelihara darahnya


Siswa dapat menjelaskan qishash anggota badan
Siswa dapat menyebutkan syarat qishash
Siswa dapat memahami hikmah qishash
Jelaskan tentang qishash dan hikmah qishash !
Jelaskan definisi qishash dan hikmahnya !
Sebutkan macam-macam qishash !
Jelaskan qishash yang terbunuh terpelihara darahnya !
Jelaskan qishash anggota badan !
Sebutkan syarat qishash !
Apa hikmah qishash ?


LANGKAH VI
MENGEMBANGKAN STRAEGI PEMBELAJARAN
            Dalam pengembangan srategi pembelajaran pada mata pelajara Fiqh kelas XI materi Jinayah dan hikmahnya ini, perancang mengikuti komponen-komponen yang diberikan oleh Dick & Carey. Berikut strategi pembelejaran pada mata pelajaran Fiqh kelas XI materi Jinayah :
1.      Pra pembelajaran
-          Memotivasi pebelajar
-          Menjelaskan tujuan
-          Menjelaskan hubungan materi yang dipelajari dengan keterampilan yang sudah dimiliki.
2.      Presentasi Isi
Menentukan dan menjelaskan isi pembelajaran yang berupa konsep, informasi, aturan, dan prinsip-prinsip yang perlu di sajikan. Dalam penyajian ini, perancang melengkapi dengan contoh-contoh dalam berbagai bentuk seperti bentuk diagram atau ilustrasi saja.
3.      Parisipasi pebelajar
Memberikan aktifitas langsung pada pebelajar atau siswa berkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai
4.      Pengetesan
Pebelajar diberi tes yakni entry behavior test, preest, dan posttest. Tes ini diberikan untuk mengukur tujuan pembelajaran.
5. Kegiatan lanjutan
            Komponen ini adalah komponen terakhir dalam strategi pebelajaran. Perancang mereview keselurahn kegiatan pembelajaran yang telah terlaksana, apakah belajarnya terpenuhi atau belum.

LANGKSH VII
MENGEMBANGKAN BAHAN PEMBELAJARAN

            Dalam mengembangkan bahan pembelajaran, perancang pembelajaran pada mata pelajaran Fiqh kelas XI MA materi Jinayah dan Hikmahnya menggunakan syarat sebagai berikut :
-       Menarik
-       Isinya sesuai dengan kebutuhan
-       Urutannya tepat
-       Ada informasi disaat dibutuhkan
-       Mengadakan latihan soal
-       Ada kunci latihan
-       Mengadakan tes
-       Remidi
-       Melakukan kegiatan lanjutan
-       Ringkasan

LANGKAH VIII
MERANCANG DAN MELAKSANAKAN EVALUASI FORMATIF

Dalam merevisi atau memperbaiki pembelajaran, pembelajar pada mata pelajaran Fiqh materi Jinayah ini menggunakan 3 jenis evaluasi, antara lain :
1.      Evaluasi satu-satuya. Dalam proses ini, harus mendapatkan 3 pebelajar untuk menjadi wakil dari keseluruhan pebelajar di kelas.
2.      Evaluasi kelompok kecil, yakni menentukan efektifitas perubahan dan menetapkan kemampuan dalam menggunakan bahan pembelajaran yang tanpa guru.
3.      Uji coba lapangan. Hal ini dilakukan untuk menentukan apakah perubahan dalam bahan pembelajaran yang dibuat telah efektif atau belum atau mungkin gagal.
LANGKAH IX
MEREVISI BAHAN PEMBELAJARAN

            Perevisi dilakukan dengan cara mengkolaborasikan keseluruhan data yang diperoleh secara hati-hati dan seksama kemudian dilakukan analisis dengan benar. Revisi ini mempertimbangkan dengan masalah yang telah ditemukan sebelumnya tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Ada 3 hal rekomendasi dalam rangka merevisi, yaitu :
1.      Menghilangkan porsi pengajaran
2.      Memasukkan bahan pembelajaran.
3.      Mengembangkan bahan pembelajaran tambahan.


LANGKAH X
MERANCANG DAN MELAKSANAKAN EVALUASI SUMATIF

            Dalam melakukan evaluasi sumatif pada mata pelajaran fiqih ini, pengembang pembelajaran melakukan persiapan sebagai berikut :
1.      Bahan pembelajaran
2.      Instrument tes acuan
3.      Melaksanakan tes





1 opmerking:

  1. Best Casino Sites in 2021
    › best-casino-sites › best-casino-sites w88 dashboard Top 10 Casino Sites 메이저 리그 분석 in 벳 365 한글 2021 — Top 10 Casino Sites in 2021 · 1. Bet365 온라인 바카라 사이트 – Best overall casino site · 2. 888sport 슬롯 나라 – Best for poker · 3. 1xBet – Best for live

    AntwoordVee uit