Vrydag 01 November 2013

Model Desain Sistem Pembelajaran Banathy


MODEL DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN BANATHY

A.      Model Banathy
Model Banathy digunakan oleh pembelajar baik setelah dikembangkan atau langsung diadaptasi. Model ini akan dapat optimal jika ada pengawasan atau pemantauan yang berkualitas.
Terdapar enam langkah dalam pemngembangan model Banathy, sebagai berikut :
1.      Menganalisis dan merumuskan tujuan, baik tujuan penegmbangan  sistem maupun tujuan spesifik. Tujuan merupakan sasaran dan arah yang harus dicapai oleh siswa.
2.      Merumuskan kriteria tes yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Item tes dalam tahap ini dirumuskan untuk menilai perumusan tujuan. Sehingga dapat meyakinkan kita bahwa setiap tujuan ada alat unruk menilai keberhasilan.
3.      Menganalisis dan merumuskan kegiatan belajar, dalam kegiatan ini, kemampuan awal pebelajar harus dianalisis sehingga dapat menunjukkan tingkah laku yang telah dirumuskan.
4.      Merancang sistem, yaitu kegiat n menganalisis sistem, menganalisis komponen sistem, mendistribusikan dan mengatur jadwal.
5.      Mengimplementasikan dan melakukan kontrol kualitas sistem, yakni melatih sekaligus menilai efektifitas sistem, melakukan penempatan dan melaksanakan evaluasi.
6.      Mengadakan perbaikan dan perubahan berdasarkan hasil evaluasi.
B.  Kelebihan Model Banathy
a. Menganalisis dan merumuskan tujuan dengan baik, baik tujuan umum maupun tujuan khusus yang lebih spesifik, yang merupakan sasaran dan arah yang harus dicapai peserta didik.
b. Mengembangkan kriteria tes yang sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai Hal ini dilakukan agar setiap tujuan yang dirumuskan tersedia alat untuk menilai keberhasilannya.
c. Menganalisis dan merumuskan kegiatan belajar, yakni merumuskan apa yang harus dipelajari (kegiatan belajar yang harus dilakukan siswa dalam rangka mencapai tujuan belajar).
C.  Kekurangan Model Banathy
a.       Sedikit langkah sehingga di khawatirkan akan tidak effesien.
b.      Model cenderung lebih fokus pada materi yang belum dikuasai oleh anak didik sehingga mengabaikan materi yang sudah di pelajari yang bisa lupa apabila tidak pernah di kaji ulang

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking